Pengembangan Intelektual

Olahraga atau olah raga adalah segala bentuk aktivitas fisik atau permainan yang biasanya bersifat kompetitif yang, melalui partisipasi kasual atau terorganisir, bertujuan untuk menggunakan, memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan kesenangan kepada peserta, dan dalam beberapa kasus, hiburan bagi penonton. Biasanya kontes atau permainan terjadi antara dua sisi, masing-masing berusaha untuk melebihi yang lain. Beberapa olahraga mengizinkan permainan seri; yang lain menyediakan metode pemutusan hubungan kerja, untuk memastikan satu pemenang dan satu yang kalah.

Sejumlah kontes dua sisi seperti itu dapat diatur dalam turnamen yang menghasilkan juara. Banyak liga olahraga menjadi juara tahunan dengan mengatur pertandingan dalam musim olahraga reguler, diikuti dalam beberapa kasus oleh playoff. Ada ratusan cabang olahraga, dari yang di antara kontestan tunggal, hingga yang diikuti ratusan peserta secara bersamaan, baik dalam tim atau bersaing sebagai individu. Dalam olahraga tertentu seperti balap, banyak kontestan boleh bertanding, masing-masing melawan semua dengan satu pemenang.

Catatan kinerja sering disimpan, dan untuk olahraga populer, informasi ini dapat diumumkan atau dilaporkan secara luas dalam berita olahraga. Olahraga juga merupakan sumber utama hiburan bagi non-peserta, dengan olahraga penonton menarik banyak orang ke tempat-tempat olahraga, dan menjangkau khalayak yang lebih luas melalui siaran. Taruhan olahraga dalam beberapa kasus diatur dengan ketat, dan dalam beberapa kasus merupakan inti dari olahraga.

Menurut A.T. Kearney, sebuah konsultan, industri olahraga global bernilai hingga $ 620 miliar pada 2013. Olahraga yang paling mudah diakses dan dipraktikkan di dunia adalah lari, sedangkan sepak bola asosiasi adalah olahraga tontonannya yang paling populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *