SMA NEGERI 1 PANARUKAN GELAR HUT KORPRI DI AULA SEKOLAH

Situbondo – Setiap tanggal 29 Nopember KORPRI melaksanakan acara Hari Ulang Tahun. KORPRI didirikan pada tanggal 29 Nopember 1971.

Saat ini KORPRI telah berusia 49 tahun dan untuk peringatan HUT KORPRI kali ini jatuh pada hari Ahad tanggal 29 Nopember 2020.

Angghota KORPRI harus memiliki lima butir janji atau komitmen terhadap NKRI, pemerintah, dan masyarakat umum.

Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia disebut juga sebagai sumpah/janji pegawai negri sipil.

Bertujuan agar dapat menciptakan sosok PNS yang profesional, jujur, bersih dari segala korupsi, kolusi, nepotisme, berjiwa sosial, dan sebagainya.

Panca Prasetya Koprs Pegawai Republik Indonesia, yaitu:

Kami Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji:

  1. Setia dan taat kepada negara kesatuan dan pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945;
  2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara,serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara;
  3. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan;
  4. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia ;
  5. Menegakkan kejujuran, keadilan, dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Tahun ini peringatan HUT KORPRI mengusung tema :

Korpri Berkontribusi Melayani dan Mempersatukan Bangsa

Meski sedang dilanda pandemi covid-19 anggota KORPRI tetap dihimbau melaksanakan Acara HUT KORPRI dengan digelar secara daring diikuti oleh anggota KORPRI di seluruh Indonesia.

Tidak terkecuali SMA Negeri 1 Panarukan juga ikut serta melaksanakan HUT KORPRI di sekolah, bertempat di Aula SMAN 1 Panarukan.

Pada acara HUT ini para Guru dan Staf TU serta Karyawan dihimbau untuk hadir ke sekolah untuk ikut serta melaksanakan HUT KORPRI sebagaimana tertuang dalam surat Nota Dinas Provinsi Jawa Tumur Cabang Kabupaten Bondowoso-Situbondo nomor : 421/2160/101.6.4/2020 dengan menindak lanjuti Surat Dewan Pengurus KORPRI Propinsi Jawa Timur nomor : 003.3/223/DPKP/JT-XI/2020 tanggal 27 Nopember 2020 tentang himbauan untuk melakukan “Doa Bersama Untuk Bangsa” dalam rangka puncak acara HUT KORPRI ke-49 secara virtual.

Acara HUT KORPRI daring yang digelar di SMAN 1 Panarukan dimulai dari jam 9:30 sampai selesai.

Dalam acara tersebut para peserta (Guru, Staf TU, Karyawan) disuguhkan video live streaming yang ditonton bersama menggunakan layar Liquid Crystal Display (LCD).

Acara yang diselenggarakan di aula sekolah tidak jauh berbeda dengan acara yang dilaksanakan di pusat, semua instruksi dari protokol pusat juga diikuti oleh para peserta daring mulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya sampai pada lagu Mars KORPRI serta mengikuti acara HUT KORPRI virutal sampai selesai.

Kegiatan tersebut diabadikan dengan cara direkam camera video maupun gambar yang nantinya akan dilaporkan ke Cabang Dinas Bondowoso-Situbondo.

Peserta HUT KORPRI di aula SMAN 1 Panarukan

Antusiasme para peserta mengikuti acara HUT KORPRI tersebut sangatlah tinggi, terbukti dari banyaknya peserta yang hadir meski tidak ada undangan khusus dari Cabang Dinas maupun sekolah SMAN 1 Panarukan, dalam Surat Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Jawa Timur di atas berbunyi himbauwan melaksanakan HUT KORPRI ditempat masing-masing.

Setelah acara virtual tersebut selesai kemudian Kepala Sekolah SMAN 1 Panarukan Ibu Nunung Pujiastutik, S.Pd., MMPd. memberikan sambutan kepada para peserta HUT KORPRI yang dilaksanakan di aula SMAN 1 Panarukan.

Beliau menjelaskan bahwa dengan ikut serta acara HUT KORPRI ini kita bisa tahu siapa yang menjadi Ketua KORPI Nasional saat ini yakni bapak Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh.

Dalam sambutannya beliau juga menghimbau agar para Guru, Staf TU, dan Karyawan PNS maupun Non PNS yang berada di bawah kepemimpinannya agar tetap mematuhi aturan-aturan KORPRI diantaranya harus netral dalam pilihan politik mengingat saat ini pemilihan kepala daerah di Situbondo semakin dekat. “Jangan sampai anggota KORPI terjerat masalah hukum cuma gara-gara menampakkan pilihan politiknya. Jangan juga antara teman atau tetangga tidak saling sapa cuma gara-gara beda pilihan”.

Diketahui bahwa Situbondo merupakan salah satu kabupaten yang akan menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2020.

Di akhir sambutannya, Ibu Kepala Sekolah mengingatkan agar “setiap kita harus selalu melaksanakan protokol kesehatan diantaranya; jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker harus selalu diperhatikan. Terlebih kita harus selalu menjaga imun agar tetap stabil”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *